Website Logo Sorotanaktifkeselamatan

Anda seorang profesional keselamatan industri. Anda menganjurkan untuk menggunakan APD yang tepat. Anda tahu nilai melindungi pekerja dari cedera — dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Pikirkan ini sebentar: kepala kira-kira sepertujuh dari tinggi total tubuh, tetapi itu adalah pusat saraf untuk semua yang dilakukan di tempat kerja. Mata Anda, telinga Anda, hidung Anda … hampir semua yang Anda gunakan untuk input sensorik berada di sana.

Tapi, kepala Anda juga menampung organ terpenting dalam tubuh Anda: otak. Jika rusak, tidak ada lagi yang berfungsi dengan baik. Pelindung kepala membantu menjaga organ vital yang sangat penting ini, baik di tempat kerja maupun di luar.

Itu berarti memilih hard hat yang tepat untuk aplikasi Anda sangat penting.

Jenis Topi Keras

Ketika saya mengatakan “tipe”, saya tidak berbicara tentang model topi, penuh, atau panjat. Itu adalah gaya. Jenis mengacu pada penunjukan standar. Standar konsensus ANSI saat ini untuk topi keras adalah Z891.1-2014.

Topi keras Tipe I bersertifikat untuk mengurangi dampak pukulan pada ubun-ubun atau bagian atas kepala. Jika alat, bagian kecil, atau barang lain dijatuhkan dari ketinggian (atau jika Anda terangkat di bawah penghalang dan membenturkan kepala), Anda terlindungi.

Topi keras Tipe II melindungi benturan dari pukulan atas kepala, tetapi juga melindungi pekerja dari benturan lateral. Ini adalah persyaratan saat bekerja di sekitar peralatan atau material yang bergerak di mana pukulan samping mungkin terjadi.

Di Kanada, standar hard hat adalah CSA Z94.1-15, diperbarui pada 1 Maret 2016. Meskipun serupa dengan standar ANSI, ada beberapa perbedaan dalam persyaratan pengujian. CSA Tipe 1 mirip dengan Tipe I di AS, dan CSA Tipe 2 menyerupai ANSI Tipe II.

Meskipun kedua standar ini serupa, topi keras yang disertifikasi oleh satu organisasi tidak secara otomatis memenuhi syarat untuk yang lain. Prosedur pengujian yang digunakan khusus untuk setiap standar.

Misalnya, topi keras yang disertifikasi oleh ANSI Z891.1-2014 juga harus lulus standar CSA Z94.1-15 jika ingin dijual ke pasar Kanada. Jadi, jangan berasumsi bahwa topi keras yang Anda beli di satu lokasi atau negara akan sesuai di mana pun Anda bekerja. Pastikan itu disertifikasi dan diberi label untuk lokasi Anda.

Memahami “Kelas” topi keras

Penunjukan Kelas topi keras berbeda dari Tipenya. Sementara Type mewakili perlindungan benturan, Kelas mengacu pada perlindungan listrik. Di masa lalu, penunjukan kelas listrik adalah A, B, dan C, dengan A sebagai peringkat bahaya tertinggi.

Namun, label Kelas sekarang menjadi E, G, dan C. Seperti yang akan Anda lihat, sistem pelabelan ini lebih intuitif saat memilih hard hat yang tepat. Peringkat listrik adalah:

Kelas E (listrik, non-konduktif) – Dimaksudkan untuk mengurangi bahaya kontak dengan konduktor bertegangan lebih tinggi, dengan sampel uji topi keras yang diuji pada 20.000 volt (fase ke arde).
Kelas G (umum, non-konduktif) – Dimaksudkan untuk mengurangi bahaya kontak dengan konduktor tegangan rendah. Sampel uji diuji-bukti pada 2.200 volt (fase ke ground).
Kelas C (konduktif, tidak ada rating listrik) – Tidak dimaksudkan untuk melindungi dari bahaya listrik dan, oleh karena itu, tidak diuji untuk itu.

Lihatlah Kelas dengan cara ini: Pekerja listrik lebih berisiko dari bahaya listrik tegangan tinggi dan harus menggunakan topi keras Kelas E.

Pekerja konstruksi umum, yang mungkin bersentuhan dengan bahaya tegangan rendah harus menggunakan topi keras Kelas G, minimal.

Pekerja yang terbukti tanpa kemungkinan kontak bahaya listrik dapat menggunakan topi keras Kelas C yang berpotensi konduktif.

Beberapa tip topi keras terakhir

Topi keras dirancang untuk melindungi dari benturan yang dapat merusak otak. Jadi, perhatikan perawatannya dengan serius. Sinar matahari dapat mempengaruhi banyak bahan hard hat, jadi pastikan hard hat Anda disimpan jauh darinya. Itu berarti itu benar-benar tidak boleh ditinggalkan di dasbor truk atau digantung di pengait di kaca belakang.

Kontak yang berkepanjangan atau bahkan tidak disengaja dengan beberapa bahan kimia dan deterjen keras dapat merusak bahan cangkang. Itu tidak boleh dibersihkan dengan bensin, pengencer cat, atau cairan berbasis minyak bumi. Sabun dan air yang lembut aman digunakan. Jika tar atau bahan lengket lainnya tidak dapat dihilangkan dengan sabun dan air, lebih baik mengganti topi keras dan tidak membahayakan keselamatan pekerja.

Periksa topi keras secara teratur sepanjang hari. Kerusakan dapat terjadi tanpa pemberitahuan dan perlindungan kompromi. Tentu saja, semua hard hat yang terkena pukulan keras harus segera dicabut dari servis dan diganti. Meski terlihat oke, retakan garis rambut yang tidak terlihat akan memengaruhi integritasnya.

Dan selalu ingat ini. Kepala Anda mungkin hanya 15% dari tinggi tubuh Anda…tetapi, melindunginya layak mendapatkan perhatian Anda 100%. Bekerja dengan aman!

Pelajari lebih lanjut tentang Perlindungan Topi Keras MSA.

Membagikan:

Langganan

Ingin informasi keamanan terbaik dikirimkan ke kotak masuk Anda? Berlangganan sekarang untuk menerima Sorotan tentang Keamanan yang menampilkan tips keselamatan, artikel, video, dan lainnya yang bermanfaat.

Membagikan:

Artikel Terkait

Keahlian Tak Tertandingi dalam Solusi Keamanan: Pembangkit Listrik & TelekomunikasiTagged with type: Teks

Teknologi yang telah terbukti , bahan terbaik di kelasnya, desain canggih, dan kepatuhan yang ketat terhadap pedoman peraturan untuk pembangkit listrik dan telekomunikasi. Pekerja dan fasilitas Anda...

Karyawan yang Berisiko Gangguan Pendengaran: Pentingnya Perlindungan Pendengaran. “Baca Sekarang Agar Anda Bisa Mendengar Nanti”Tagged with type: Teks

Jutaan dan jutaan karyawan muncul, melakukan pekerjaan mereka, keluar jam, dan pulang, hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun. Namun, bagi sekitar 22 juta orang, rutinitas hari kerja ini...

Lifeline Self-Retracting Mana yang Terbaik untuk Leading Edge?Tagged with type: Teks

Menurut OSHA, kematian yang disebabkan oleh jatuh dari ketinggian terus menjadi penyebab utama kematian bagi karyawan konstruksi. Kematian itu sebenarnya bisa dicegah; itulah mengapa sangat penting...
Lihat semua artikel