Website Logo Sorotanaktifkeselamatan

Karyawan yang Berisiko Gangguan Pendengaran: Pentingnya Perlindungan Pendengaran. “Baca Sekarang Agar Anda Bisa Mendengar Nanti”

Jutaan dan jutaan karyawan muncul, melakukan pekerjaan mereka, keluar jam, dan pulang, hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun. Namun, bagi sekitar 22 juta orang, rutinitas hari kerja ini menyimpan bahaya tersembunyi: potensi kehilangan pendengaran permanen akibat paparan kebisingan keras di tempat kerja.

Namun, menurut setiap badan pengatur dan perlindungan utama dari Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) hingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga National Institutes of Health (NIH), gangguan pendengaran di tempat kerja 100 persen dapat dicegah.

Ketika kebisingan dan getaran di tempat kerja terjadi pada tingkat tinggi atau berlanjut untuk jangka waktu yang lama, pekerja berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran sementara atau permanen.

Di antara mereka yang berisiko tinggi termasuk pekerja industri yang terpapar pada situasi kebisingan tinggi yang berpotensi merusak sebagai akibat dari peralatan dan proses yang terkait dengan produksi, manufaktur, pengecoran, pabrik, dan pertokoan.

Situasi kebisingan tinggi ini sering kali diakibatkan oleh kombinasi komponen mesin dan operasi seperti: penghancuran, pemotongan, ekstrusi, penggilingan, pelubangan, pemakuan, dan pengamplasan.

Sementara pekerjaan dan pengoperasian mesin mungkin merupakan pekerjaan sehari-hari bagi sebagian karyawan, kebisingan yang terkait dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang bertahap, tidak menyakitkan, dan progresif.

3 Masalah terkait pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan di tempat kerja.

Biaya gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan sangat mengejutkan dengan efek yang luas dan menyeluruh pada kesejahteraan fisik, emosional, dan pekerjaan seseorang.

Fisik: Kebisingan yang berlebihan dan/atau berkepanjangan dapat merusak ujung saraf telinga bagian dalam, menyebabkan kerusakan permanen yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari.

Psikologis: Gangguan pendengaran akibat kebisingan dapat menyebabkan berbagai gangguan mental seperti lekas marah, gangguan tidur, kecemasan, depresi, isolasi, dan permusuhan.

Pekerjaan: Gangguan pendengaran sering kali mengganggu komunikasi, konsentrasi, dan performa kerja; merupakan faktor penyebab kecelakaan dan cedera di tempat kerja; dan mungkin berdampak negatif pada potensi penghasilan seumur hidup pekerja.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dua poin penting:

Pentingnya pelindung pendengaran
Jenis-jenis pelindung pendengaran

Ini dimulai dengan tes dasar untuk membangun ketajaman pendengaran. Ini biasanya terjadi dengan karyawan baru, atau ketika seorang karyawan pindah ke pekerjaan dengan tingkat kebisingan yang tinggi.

Tes tambahan membantu menentukan efektivitas program perlindungan pendengaran perusahaan, memungkinkan mereka untuk membuat perubahan jika perlu.

Ini juga mencakup pengukuran tingkat kebisingan di tempat kerja setiap tahun sehingga prosedur atau peralatan pelindung pendengaran yang sesuai direncanakan dan diterapkan. Tingkat desibel ditentukan dengan menggunakan metode TWA (time weighted average).

Tes pendengaran saja tidak akan meringankan masalah. Tetapi mereka dapat membantu menentukan kontrol dan APD yang membantu mencegah bahaya pekerjaan yang melemahkan ini.

Beberapa tingkat kebisingan yang berbahaya dapat direkayasa. Kontrol teknik dapat membuktikan garis pertahanan yang efektif. Mereka termasuk langkah-langkah fisik seperti mendesain ulang peralatan atau membangun penghalang untuk memblokir kebisingan. Sayangnya, tidak semua bahaya kebisingan dapat dihilangkan dengan cara itu.

Dalam kasus tersebut, alat pelindung diri untuk menjaga pendengaran menjadi penting.

Alat pelindung pendengaran (HPD) harus dipilih, dipakai, dan dirawat dengan benar.

HPD tidak cocok untuk semua dengan cara apa pun. Setiap pekerja berbeda, begitu juga dengan lingkungan tempat kerja.

Memilih HPD yang tepat untuk pekerjaan itu didasarkan pada beberapa faktor:

Tingkat desibel area kerja untuk menentukan NRR (noise reduction rating) perangkat yang digunakan, disebut juga tingkat atenuasi
Kenyamanan pekerja
Kemampuan pekerja untuk menggunakan dan memelihara HPD sendiri (produk harus mudah digunakan dan tidak mengganggu
Pilihan lain seperti komunikasi pekerja-ke-pekerja yang ditingkatkan

Pemantauan dan pencatatan area kerja membantu menentukan HPD yang sesuai untuk area tersebut. Dan pemantauan tahunan memberi tahu majikan ketika perubahan dalam proses memengaruhi program konservasi pendengaran mereka.

Tentu saja, alat pelindung pendengaran yang tidak dipakai tidak efektif. Kenyamanan pekerja sangat berkaitan dengan seberapa sering HPD digunakan.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, Institut Kesehatan Nasional, para peneliti menemukan hubungan antara kenyamanan dan kemungkinan penggunaan HPD yang konsisten dan benar.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa “pelindung pendengaran harus dipilih dengan memperhatikan kenyamanan, kemudahan, dan komunikasi serta karakteristik atenuasi.”

Dengan kata lain, alat pelindung pendengaran yang nyaman dan mudah digunakan lebih berpeluang untuk digunakan. Jika tidak … itu bisa menjadi lemparan dadu.

Jenis pelindung pendengaran yang tersedia

Dua jenis dasar alat pelindung pendengaran adalah penyumbat telinga dan penutup telinga.

Penyumbat telinga tidak mahal dan relatif sederhana. Terbuat dari busa lembut atau silikon, mereka cukup dimasukkan ke dalam saluran telinga. Namun, pengguna harus dilatih dalam menempatkannya dengan benar.

Untuk beberapa pengguna, mereka mungkin membutuhkan waktu untuk membiasakan diri.

Sumbat busa biasanya dibuang setelah sekali pakai. Sumbat silikon dapat digunakan beberapa kali selama dibersihkan dan didesinfeksi.

Mereka juga harus sering diperiksa untuk kerusakan atau keausan. Jika rusak, buang.

Penutup telinga lebih mahal, tetapi memiliki manfaat yang mengimbangi biayanya. Pelatihan sangat minim. Kebanyakan orang sudah menggunakan headset dan headphone untuk musik dan aktivitas lainnya. Keakraban itu membuat penutup telinga pas secara alami.

Mereka juga terbukti lebih efektif di lingkungan dengan kebisingan tinggi di mana penggunaan jangka panjang diperlukan. Dan mereka lebih terlihat, sehingga lebih mudah untuk memantau penggunaannya.

HPD penutup telinga memiliki siklus hidup yang lebih lama dan banyak bagian, seperti bantalan busa dan sisipan, dapat diganti. Mereka dapat dibeli dengan ikat kepala untuk aplikasi di atas kepala.

Banyak model dapat dilampirkan pada topi pekerja. Ketika tidak diperlukan, mereka dapat diayunkan.

Manfaat utama penutup telinga yang dipasang di topi keras adalah bahwa mereka selalu bersama pekerja. Hal ini sering menyebabkan peningkatan penggunaan HPD, faktor utama dalam perlindungan pendengaran.

MSA V-Gard® Cap-Mounted Hearing Protection Line memberikan kenyamanan yang ditingkatkan, kinerja terbaik, dan gaya serta kecocokan yang ditingkatkan.

Mengapa MSA V-GARD® Cap Mounted Hearing Protection?

Untuk pekerja industri, V-Gard Cap-Mounted Hearing Protection Line memberikan peningkatan kenyamanan dan kinerja terbaik dengan peningkatan dalam kecocokan dan gaya—semuanya tanpa mengurangi kualitas yang diharapkan dari merek V-Gard yang legendaris. Dirancang untuk bekerja dengan topi keras dan aksesori MSA yang terkemuka di industri, lini penutup telinga baru menawarkan kenyamanan yang ditingkatkan sambil memberikan tingkat kinerja dan perlindungan yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

kinerja yang unggul
Integrasi yang mudah
Kenyamanan yang ditingkatkan
Gaya modern

Performa Unggul

Menawarkan redaman tertinggi untuk penutup telinga yang dipasang di tutup di pasar.
Cincin penyegel MSA khusus memungkinkan kinerja NRR yang optimal.
Bekerja dengan topi keras bergaya topi industri MSA.
Bekerja dengan pelindung dan bingkai MSA yang ada untuk integrasi tanpa batas ke dalam program keselamatan Anda.

Peningkatan Kenyamanan dan Integrasi

Cincin penyegel dan adaptor yang ditingkatkan mengoptimalkan tekanan pada telinga untuk kenyamanan sepanjang hari.
Bantalan telinga yang disuntikkan busa melindungi telinga luar untuk memungkinkan titik kontak yang lembut.
Penyesuaian vertikal memungkinkan penyesuaian khusus.
Busa interior tersembunyi tidak menyentuh telinga pengguna saat digunakan.
Saat tidak digunakan, penutup telinga dapat disimpan dalam posisi “parkir”, siap digunakan saat Anda membutuhkannya.

Gaya modern

Termasuk desain “V” generasi berikutnya dari V-Gard yang ikonik.
Menggabungkan kode warna merah, kuning, dan hijau pada pelat belakang dan logo depan untuk mengidentifikasi tingkat redaman dengan mudah.
Desain garpu yang ditingkatkan memberikan tampilan yang ramping dan nuansa modern.
Bahan matte untuk cup dan bantalan telinga mengurangi tampilan keausan

Pemikiran terakhir tentang konservasi pendengaran

Tidak ada cara untuk menghindarinya. Agar efektif dalam membantu mencegah gangguan pendengaran terkait tempat kerja di lingkungan bising, HPD harus dipakai terus-menerus saat tingkat kebisingan tinggi. Itu berarti mereka harus cukup nyaman bagi pekerja untuk memakainya selama diperlukan. Faktanya adalah, jika HPD dihilangkan bahkan untuk waktu yang singkat, perlindungan pendengaran dan redaman berkurang secara dramatis.

Pelajari lebih lanjut tentang saluran perlindungan pendengaran MSA di situs web kami.

Membagikan:

Langganan

Ingin informasi keamanan terbaik dikirimkan ke kotak masuk Anda? Berlangganan sekarang untuk menerima Sorotan tentang Keamanan yang menampilkan tips keselamatan, artikel, video, dan lainnya yang bermanfaat.

Membagikan:

Artikel Terkait

10 Pemantauan Area yang Harus DimilikiTagged with type: Teks

Pemantauan area adalah penggunaan detektor gas yang menggabungkan elemen dari detektor gas portabel dan tetap menjadi satu solusi dalam jaringan yang terhubung. Mereka tidak dianggap sebagai alat...

Keahlian Tak Tertandingi dalam Solusi Keamanan: Pembangkit Listrik & TelekomunikasiTagged with type: Teks

Teknologi yang telah terbukti , bahan terbaik di kelasnya, desain canggih, dan kepatuhan yang ketat terhadap pedoman peraturan untuk pembangkit listrik dan telekomunikasi. Pekerja dan fasilitas Anda...

Memilih Topi Keras? Baca ini.Tagged with type: Teks

Anda seorang profesional keselamatan industri. Anda menganjurkan untuk menggunakan APD yang tepat. Anda tahu nilai melindungi pekerja dari cedera — dari ujung kepala hingga ujung kaki. Pikirkan ini...
Lihat semua artikel