Website Logo Sorotanaktifkeselamatan

Bagaimana Detektor Gas Portabel Dapat Membantu Mengurangi Risiko dalam Aplikasi Ruang Terbatas

Bagaimana Detektor Gas Portabel Dapat Membantu Mengurangi Risiko dalam Aplikasi Ruang Terbatas

Suasana berbahaya di dalam ruang terbatas adalah salah satu risiko yang paling berbahaya, namun seringkali tidak terlihat dari tempat kerja ruang terbatas.

Atmosfer berbahaya di dalam ruang terbatas adalah atmosfer yang memaparkan pekerja pada risiko kematian, ketidakmampuan, cedera, atau penyakit akut dari satu atau lebih penyebab berikut:

  • Konsentrasi oksigen atmosfer di bawah 19,5% (defisiensi oksigen). OSHA mendefinisikan atmosfer yang diperkaya oksigen sebagai atmosfer yang mengandung lebih dari 23,5% oksigen berdasarkan volume.
  • Konsentrasi atmosfer dari setiap kontaminan beracun di atas batas paparan yang diizinkan (PEL) OSHA.
  • Debu mudah terbakar di udara pada konsentrasi yang mengaburkan penglihatan pada jarak lima kaki atau kurang.
  • Suasana langsung berbahaya bagi kehidupan atau kesehatan (IDLH) yang menimbulkan ancaman langsung hilangnya nyawa, dapat mengakibatkan efek kesehatan parah yang tidak dapat diubah atau segera, dan dapat mengakibatkan kerusakan mata, iritasi atau kondisi lain yang dapat mengganggu pelarian.

Risiko ini menjadikannya penting untuk memantau kualitas udara di sekitar Anda secara real-time. Kondisi defisiensi atau pengayaan oksigen, serta konsentrasi uap dan gas berbahaya harus dideteksi dengan instrumentasi yang andal.

Bahaya Atmosfer di Ruang Terbatas

Berikut adalah rincian konsentrasi uap dan gas berbahaya yang dapat ada di ruang terbatas.

Oksigen (O2 )

Atmosfer memiliki tingkat oksigen 21%. Oksigen dapat berbahaya bagi pekerja di ruang terbatas dalam dua cara – kekurangan dan kelebihan.

Karbon Monoksida (CO)

Karbon Monoksida meracuni tubuh dengan diserap ke dalam aliran darah dan mencegah darah mengambil dan mengangkut oksigen yang diperlukan ke sel dan organ.

Karbon Dioksida (CO 2 )

Karbon Dioksida tidak hanya mampu menggantikan oksigen dalam ruang terbatas, tetapi juga beracun.

Hidrogen Sulfida ( H2S)

Hidrogen Sulfida adalah gas yang sangat beracun yang mengiritasi mata, hidung, tenggorokan, dan sistem pernapasan. Konsentrasi tinggi dapat menyebabkan koma dan bahkan kematian.

Cara Memilih Detektor Gas Portabel yang Tepat untuk Ruang Terbatas

Dalam hal keselamatan, memilih solusi pendeteksian gas yang dapat Anda percayai lebih dari sekadar kepatuhan – ini tentang ketenangan pikiran.

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih solusi pendeteksian gas.

  1. Kekokohan + Kekasaran

Ruang terbatas adalah lingkungan yang sulit. Detektor gas yang dapat bertahan dengan kondisi ini diperlukan di lingkungan ruang terbatas. Detektor harus tahan goncangan, tahan air, dan tahan debu. Periksa peringkat Certified Ingression Protection (IP) untuk menunjukkan daya tahan perangkat.

  1. Teknologi Sensor Canggih

Sensor adalah jantung dari peralatan. Sensor harus:

  • Semoga panjang umur.
  • Datang dengan garansi yang berlangsung selama beberapa tahun.
  • Memiliki waktu respon yang cepat. Semakin cepat sensor merespon, semakin banyak waktu yang dimiliki pekerja untuk bereaksi dan mencapai keselamatan.
  • Memberikan pembacaan yang akurat dari beberapa gas . Alarm yang akurat dapat membantu menginformasikan tindakan yang diperlukan untuk membantu menjaga keselamatan pekerja.
  • Memiliki peringatan hidup sensor otomatis. Pemberitahuan otomatis pada peringatan masa pakai sensor memungkinkan pemeliharaan proaktif dan membantu meminimalkan waktu henti
  1. Masa Pakai Baterai

Kapasitas baterai adalah kunci kemampuan perangkat untuk bertugas selama berjam-jam di antara pengisian daya. Semakin lama masa pakai baterai, semakin sedikit perawatan dan perhatian yang diperlukan, dan semakin lama Anda dapat menghabiskan pemantauan dengan lebih sedikit waktu dan uang yang dihabiskan untuk pemeliharaan.

  1. Perawatan yang Cepat dan Efektif

Sistem pengujian otomatis mengkalibrasi dan menguji detektor gas secara otomatis. Tempat uji harus dapat memilih tabung gas secara otomatis dan membantu Anda menghemat volume gas.

  1. Konektivitas Cloud dan Perangkat Lunak sebagai Layanan

Software-as-a-Service menggabungkan semua informasi dari perangkat portabel di satu tempat. Ini harus menyatukan data dari perangkat dalam format yang mudah digunakan sehingga profesional keselamatan dapat mengambil pendekatan proaktif ke perangkat portabel mereka dengan mengetahui sebelumnya perangkat mana yang perlu dirawat.

Pelajari lebih lanjut Deteksi Gas Portabel MSA.

Membagikan:

Langganan

Ingin informasi keamanan terbaik dikirimkan ke kotak masuk Anda? Berlangganan sekarang untuk menerima Sorotan tentang Keamanan yang menampilkan tips keselamatan, artikel, video, dan lainnya yang bermanfaat.

Membagikan:

Artikel Terkait

Memilih Topi Keras? Baca ini.Tagged with type: Teks

Anda seorang profesional keselamatan industri. Anda menganjurkan untuk menggunakan APD yang tepat. Anda tahu nilai melindungi pekerja dari cedera — dari ujung kepala hingga ujung kaki. Pikirkan ini...

Bantu Pusat Data Mengurangi Jejak KarbonnyaTagged with type: Teks

Di dunia teknologi tinggi ini, pusat data sangat penting. Ini mungkin menjelaskan mengapa para peneliti memperkirakan bahwa industri pusat data AS akan tumbuh hingga hampir $289 miliar pada tahun...

Kompatibilitas Penutup Wajah dan Silinder Penting untuk SCBATagged with type: Teks

Untuk fasilitas industri untuk memenuhi kebutuhan lingkungan yang menantang, baik yang diperlukan untuk keadaan darurat siaga atau pekerjaan sehari-hari. Salah satu pertimbangan terpenting untuk...
Lihat semua artikel